Acara, Blog, Festival, Pasadena

Indonesia Sabet Penghargaan Di Festival Pasadena

Indonesia Sabet Penghargaan Di Festival Pasadena – Apakah kalian pernah mendengar Pasadena? Yap, Pasadena merupakan sebuah kota yang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Di kota ini kita bisa menemui berbagai festival salah satunya adalah event atau festival pameran bunga. Festival ini tidak hanya dilaksanakan untuk menarik wisatawan, tetapi juga untuk berkompetisi salah satunya yaitu adanya perlombaan yang dijuluki Tournament of Rose (TOR). Turnamen ini diadakan secara rutin di Pasadena Amerika Serikat dan merupakan festival bunga yang terbesar di dunia. Tidak tanggung-tanggung, peserta dalam turnamen ini tidak hanya masyarakat lokal Pasadena atau Amerika Serikat, tetapi juga berbagai peserta mancanegara, tidak ketinggalan salah satunya yaitu Indonesia.

Pasadenachalkfestival – Indonesia bisa dikategorikan sebagai salah satu negara yang paling aktif mengikuti turnamen ini. Hal ini berkesinambungan dengan flora Indonesia yang memiliki keunikan beragam. Tiap tahunnya Indonesia tampil dengan berbeda, menyesuaikan tema yang diberikan oleh penyelenggara turnamen. Indonesia pernah mengangkat konsep “Wonderful Indonesia Paradise on Earth” dengan menampilkan Komodo serta tarian Kalimantan Timur. Kendaraan sepanjang 18,3 meter yang dihias dengan berbagai buah, sayur, dan bunga-bungaan ini berhasil menyabet penghargaan karena mengangkat fauna khas dari Nusa Tenggara Timur. Indonesia mendapatkan penghargaan “Directors Trophy”. Pada saat itu kriteria penilaian yang digunakan meliputi penggunaan bungan dan presentasinya. Indonesia termasuk dalam salah satu negara di kawasan Asia yang berhasil menang dan membuka peluang bagi Pasadena untuk mendapatkan Peserta dari negara lain. Tidak hanya Komodo, Indonesia juga pernah mengangkat konsep Garuda Wisnu Kencana dan Putri Bunga Kota Pagara Alam dari Sumatera Selatan, Wayang Golek beserta stupa dan perangkat gamelan dari Jawa, dan masih banyak lagi. Biasanya diajang ini, Indonesia tampil dengan diwakili Kementrian ariwisata dan Ekonomi Kreatif

Indonesia Sabet Penghargaan Di Festival Pasadena

Keikutsertaan Indonesia di Festival Pasadena punya dampak yang besar dan hal ini merupakan keuntungan yang luar biasa baik bagi kota Pasadena sendri maupun Amerika Setikat. Keuntungan ini berupa keuntungan di sektor pariwisata karena secara tidak langsung Indonesia memperkenalkan terutama pada kawasan Asia mengenai kegiatan menarik yang ada di Pasadena. Tidak hanya kegiatannya, Indonesia juga turut andil dalam memperkenalkan kebudayaan yang dimiliki Kota Pasadena. Dengan terkenalnya budaya Pasadena di mata dunia terus membuat kota Pasadena “Sibuk” diwaktu-waktu tertentu untuk mempersiapkan berbagai hal yang berhubungan dengan festival. Tidak tanggung dalam mempersiapkan, Pasadena memiliki penyelenggara yang menamakan dirinya asosiasi turnamen mawar untuk bertanggung jawab terhadap keseluruhan kegiatan turnamen yang terlaksana.

Baca juga : 5 Jenis Festival Pasadena Yang Sangat Spektakuler

Asosiasi turnamen mawar juga merupakan salah satu organisasi yang dahulu mendorong untuk diadakannya festival bunga tiap tahunnya. Mereka beranggapan bahwa dengan diadaknnnya festival ini mereka bisa memperlihatkan kepada dunia keindahan bak surga kota Pasadena dan hal tersebut berhasil mereka capai. Meski begitu, festival ini tak lepas dari hiruk pikuknya. Sempat megalami kerugian besar secara financial nyatanya tidak menyurutkan semangat para penyelenggara. Mereka sanggup memutar otak untuk menanggulangi kerugian tersebut. Pada saat itu, untuk menutup kerugian mereka mengadakan festival kereta Romawi yang berhasil menaikan jumlah wisatawan. Akhinrya, setelah jumlah penonton meningkat mereka kembali mengadakan festival bunga kembali yang terus berkembang dan malah terus bertambah baik jumlah penonton maupun rangkaian acara yang seru dan menarik untuk diikuti. Pasadena memang pilihan yang tepat jika anda merasa penat. Perlu diingat festival ini tidak diadakan setiap hari, tetapi setiap satu tahun sekali.